Link


ShoutMix chat widget

KPAI Prihatin Ada ABG Ditangkap Densus 88


Ini menguak fakta bahwa proses doktrinasi radikal dilakukan sejak usia anak-anak.
Rabu, 26 Januari 2011, 16:21 WIB
Elin Yunita Kristanti
Densus Kepung Rumah Terduga Teroris di Sukoharjo (Antara/Hasan Sakri Ghozali)

VIVAnews -- Operasi Detasemen Khusus 88 Mabes Polri menangkap delapan terduga teroris di Sukoharjo, Jawa Tengah. Mayoritas mereka masih remaja. Ada yang baru tamat SMA bahkan SMP.

Tertangkapnya para ABG jadi keprihatinan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Lembaga itu minta pemerintah proaktif memberikan perlindungan anak-anak dari ideologi menyimpang, pemahaman agama yang radikal.

"Tertangkapnya terduga terorisme yang masih berusia belasan tahun tersebut akibat adanya malpraktek pengajaran agama di lingkungannya," kata wakil ketua KPAI, Asrorun Niam Sholeh, Rabu 26  Januari 2011.

Ditambahkan dia, tertangkapnya para terduga teroris menguak fakta bahwa proses doktrinasi radikal dilakukan sejak usia anak-anak.

"Doktrinasi terhadap terduga terorisme tersebut tidak mungkin dilakukan dalam waktu singkat. Pasti butuh proses, dan dipastikan doktrinasi tersebut dilakukan saat mereka dalam masa anak-anak", ujarnya.

Untuk mencegah mata rantai terorisme yang bersemai di kalangan anak dan remaja, KPAI mengajak pemerintah dan masyarakat  mengajarkan paham keagamaan yang moderat.

KPAI menilai peran lembaga keagamaan seperti Majelis Ulama Indonesia sangat strategis dalam upaya deradikalisasi.

"MUI telah memberikan panduan keagamaan, yang membedakan antara terorisme, bom bunuh diri dan jihad. Ini perlu disosialisasi ke masyarakat. Juga NU dan pesantren-pesantren yang tersebar di seluruh Indonesia. Ini harus diperkuat," ujarnya.

Delapan terduga teroris yang ditangkap baru-baru ini diduga terkait teror Bom di akhir 2010 lalu. Kepala Bidang Penerangan Umum Markas Besar Kepolisian Komisaris Besar Boy Rafli Amar menyatakan, mereka diduga memiliki kaitan dengan jaringan Dr Azhari dan Noordin M Top. (umi)

• VIVAnews

Wed, 26 Jan 2011 @17:27


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 1+8+3

Copyright © 2017 agoestry_902@yahoo.com · All Rights Reserved